Sewa Sepeda Jogja

By | Januari 28, 2020

Sewa Sepeda Jogja – Bersepeda memang tidak semudah yang kita bayangkan. Saat bersepeda anda tentunya harus memiliki energy yang cukup agar bisa bersepeda dengan baik. Selain itu, anda juga hrus menguasai beberapa trik bersepeda agar anda bisa memaksimalkan tenaga yang anda miliki saat bersepeda. Anda juga harus memilih sepeda yang tepat sesuai dengan medan yang akan anda lalui. Saat melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu memilih sepeda yang tepat saat menggunakannya.

Banyak sekali trek-trek bersepeda yang dapat anda coba mulai dari trek lurus, tanjakan hingga pegunungan. Tentu anda harus mengetahui bagaimana cara menaklukkan trek-trek tersebut. Nah di sini kami akan membahas trik bersepeda di tanjakan. So yuk simak ulasan kami di bawah ini.

Tips mengatasi tanjakan saat bersepeda

  1. Merenggangkan tubuh bagian atas

Saat bersepeda di medan tanjakan, tentunya anda akan membutuhkan tenaga yang lebih besar dari pada saat bersepeda di jalan lurus. Untuk mendapatkan tenaga yang besar, anda tentunya harus bia mengatur nafas dengan baik. Hal ini dikarenakan saat kamu menghadapi tanjakan, tubuh kamu akan memerlukan banyak oksigen. Dengan demikian, agar anda bisa memaksimalkan kekuatan anda saat bersepeda di tanjakan, anda sebaiknya meregangkan tuuh bagian atas. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan otot diafragma dada berkembang dan mengempis saat mengambil oksigen sebanyak mungkin. Cara ini dilakukan dengan melebarkan sedikit kedua siku kamu keluar. Jika siku kamu terlalu rapat dengan tubuh, otot latissimus dorsi akan mengetat sehingga membatasi pernafasan, akibatnya kamu akan cepat lelah.

  • Gigi sepeda dalam posisi ringan

Dalam bersepeda, anda tentu harus memahami teknik bersepeda dnegan baik. Teknik-tekni dasar seperti shifting tentunya harussudah anda kuasai. Sehingga jika anda siap untuk bersepeda melewati trek yang sulit. Keahlian ini juga anda perlukan saat anda bersepeda di tanjakan. Selain membutuhkan tenaga, bersepeda di tanjakan tentunya akan membutuhkan keterampilan khusus dalam mengatur posisi gear sepeda anda. Saat kondisi seperti ini, posisi gear yang pas adalah pada posisi ringan. Sehingga anda bisa menaklukan tanjakan tersbut dengan mudah. Tempatkan gir belakang pada gir terbesar dan gir depan pada gir terkecil. Dengan cara ini kamu akan lebih ringan dalam mengayuh sepeda, namun konsekuensinya kamu harus mempercepat kayuhan kamu.

  • Jaga irama kayuhan

Selain pengaturan gear sepeda, anda juga harus bisa mengatur kayuhan anda saat bersepeda. Anada harus memperhatikan irama kayuhan sepeda anda saat bersepeda di tanajakan. Sebelum memulainya, anda tentunya harus mengambil ancang-ancang yang tepat. Karena jika tidak, anda pasti akan mudah kelelahan sebelum sampai di tempat tujuan. Karena anda akan merasa berat dan kesulitan untuk mengayuh sepeda anda. Selain itu, kunci dalam melewati trek tanjakan dengan baik adalah dengan menjaga irama kayuhan pedal dalam jangkauan yang nyaman. Usahakan kayuhan pedal kamu di atas 70rpm. Mudah sekali bukan?

  • Mengatur napas

Setelah mengambil ancang-ancang yang tepat, anda tentu bisa mengayuh sepeda anda dengan mudah. Hal ini juga perlu anda dukung dengan strategi pernafasan yang baik. Anda harus mengatur nafas anda agar tidak mudah lelah saat bersepeda. Seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya bahwa anda memerlukan oksigen sebanyak mungkin. Hal ini tentu bisa anda dapatkan dengan mnegatur nafas anda dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut kamu perlu mengusahakan agar bagian pinggul tetap dekat dengan bagian belakang sadel saat duduk. Hal ini dapat menjaga punggung tetap lurus dan memastikan dada dan paru-paru tetap terbuka. Selain itu, melatih menarik napas secara dalam dapat membantu kamu untuk tetap tenang di bawah tekanan saat menanjak.

  • Manfaatkan berat badan

Untuk mengayuh sepeda, tentu anda akan membutuhkan tenaga dan tekanan pada pedal anda. Hal ini bisa anda bantu dengan menggunakan berat badan anda sebagai sokongan untuk meningkatkan tekanan pada pedal anda. Anda tentu sering memperhatikan pesepeda internasional saat berada di tanjakan bukan? Pasti anda sering melihat mereka dalam posisi berdiri saat menghadapi tanjakan yang lumayan tinggi. Hal ini meraka lakukan memanfaatkan berat badan atau tubuh agar tidak cepat lelah saat melibas tanjakan. Hal ini juga cukup efektif dalam memberikan tenaga pada kayuhan sepeda anda. Menarik sekali bukan jika anda sudah menngetahui trik-trik dalam bersepeda dengan baik?

Nah demikian trik-trik yang dapat anda pratikkan saat bersepeda di tanjakan. Semoga dengan informasi yang kami berikan, anda bisa bersepeda dengan baik dan menyenangkan.

Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mempraktikkan trik-trik tersebut, anda bisa langsung mempraktikkannya sekarang juga. Tentunya dengan persiapan yang matang. Anda bisa memulainya dengan menyiapkan sepeda terlebih dahulu. Dengan demikian anda bisa menentukan kapan rencana anda akan bersepeda.

Jika anda tidak memiliki sepeda, anda tidak perlu khawatir, anda bisa menyewa sepeda di sewa sepeda Jogja. Rental sepeda jogja merupakan perusahaan yang melayani penyewaan sepeda. Beragam jenis sepeda dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda dalam bersepeda. Anda bahkan bisa memilih sepeda gunung untuk kegiatan gowes anda. Jadi anda tidak perlu membeli sepeda untuk even-even yang ingin anda ikuti. Mudah sekali bukan? Selain itu, menyewa sepeda di sewa sepeda jogja juga tidak akan menguras kantong anda karena sewa sepeda jogja menawarkan harga yang murah dan terjangkau. Jadi anda tidak perlu khawatir akan membutuhkan anggaran yang besar. Jadi jangan ragu untuk memilih sewa sepeda jogja di Sindu Trans ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *